Little World

Little World

Kamis, 13 November 2014

Rahasia Persahabatan

1. Selalu menaruh harapan
Mereka yang bersahabat biasanya saling menaruh harapan satu sama lain. Oprah Winfrey menggambarkan itu lewat hubungannya dengan sang karib, Gayle King, yang ditemuinya dalam sebuah acara televisi lokal Baltimore pada 1970-an. "King selalu ingin aku mendapatkan yang terbaik dalam segala situasi. Dia selalu menguatkan dan selalu mendukungku," ujar Oprah.

Di sisi lain, sahabat yang baik tidak akan saling menekan. Mereka sama-sama sadar, bahwa tidak ada satu orang pun di dunia ini yang menjadi teman sempurna. Jadi kalau sahabat Anda saat TK bukan orang yang bisa Anda ajak mengobrol panjang soal pekerjaan, tak masalah. Sebab, dia bisa mengisi kebutuhan Anda yang lain.
2. Mudah beradaptasi
Orang yang punya persahabatan yang langgeng biasanya tipe yang fleksibel dan pemaaf. Mereka sadar tak ada orang dan hubungan yang sempurna. Artinya, keduanya sadar, sebagai teman mereka harus memberi dukungan agar kawan mereka berkembang dan berubah. "Mereka juga sadar bahwa sebuah hubungan ada pasang surutnya, tapi itu bukan berarti hubungan mereka bermasalah," ujar Levine.

Alih-alih terjebak pada masa lalu, atau membandingkan apa yang Anda miliki sekarang dan dulu, lebih baik Anda dan sahabat menikmati apa yang kalian miliki sekarang. "Nikmati juga apa yang dulu pernah kalian lakukan sama-sama di masa lalu," kata sosiolog Jan Yager.


3. Nongkrong bareng
Hal ini krusial. Cobalah untuk selalu berbagi kabar dan pengalaman hidup dengan sahabat Anda. Dibanding cuma melihat buku kenangan kalian dulu, lebih baik bertukar cerita, seperti apa kehidupan kalian sekarang. Menurut Yager, mengisolasi diri dari kehidupan sosial berefek negatif bagi tubuh Anda, layaknya bahaya rokok. "Bersenang-senanglah. Berbagi hal yang emosional memang baik, tapi Anda juga harus banyak berbagi tawa dan candaan," kata Yager.
4. Mengapresiasi hubungan yang sudah terjalin lama
Persahabatan yang langgeng sangatlah jarang, jadi sangat berharga karena susah melakukannya. Jadi jika Anda memilikinya, hargailah itu.

5. Tidak bertahan hanya karena terpaksa

Memang susah untuk membiarkan orang yang sudah berbagi banyak hal dengan kita, pergi. Tapi ini penting. "Kalau sebuah persahabatan "garing", itu petanda buruk untuk hubungan," ujar Levine. Tanda-tandanya, Anda malas menghabiskan waktu dengannya, dan saat akhirnya bertemu, kalian tidak banyak mengobrol.

Tanda bahaya lainnya adalah perasaan kaku jika mengobrol dengannya, dan merasa persahabatan itu sudah dipenuhi kesalahpahaman. Jika itu yang terjadi, sahabat yang baik tak membiarkan kekakuan itu bertahan lama.
Posting Komentar